SMA IT NH

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PROTISTA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM JARINGAN

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI

PROTISTA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN

DISCOVERY LEARNING DALAM JARINGAN

 

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

 

Disusun oleh :

FAISAL IMAM PRASETYO

NO.UKG. 201699410338

NIPY. 15.04.01.329.

 

YAYASAN NUR HIDAYAH SURAKARTA

SMA ISLAM TERPADU NUR HIDAYAH

SUKOHARJO

2020

 

 

ABSTRAK

Faisal Imam Prasetyo. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA

MATERI PROTISTA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN

DISCOVERY LEARNING DALAM JARINGAN.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Pembelajaran Dalam Jaringan, Materi Protista.

            Tujuan dari penelitian adalah untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 khususnya pada materi Protista di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Dalam Jaringan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah dengan subjekpeserta didik kelas X MIPA 1 SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Tahun Pelajaran2020/2021 Semester 1 sejumlah 34 peserta didik dengan jenis kelamin laki-laki. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran Protista. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) rencana, 2) tindakan, 3) observasi, 4)refleksi. Kegiatan tindakan dan observasi digabung dalam satu waktu. Hasil observasidirefleksi untuk menentukan kegiatan berikutnya.

           Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siklus I,II dan III pada semua ranah hasil belajar. Rata-rata hasil belajar pada akhir penelitian adalah sebesar 91,41 pada hasil belajar ranah pengetahuan, 90,50 pada hasil belajar ranah keterampilan dan 96,00 pada hasil belajar ranah sikap. Selain itu, pada akhir penelitian juga didapatkan hasil bahwa ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 100 % pada semua ranah hasil belajar. Pada akhir penelitian juga didapatkan N-Gain sebesar 0,75 pada ranah pengetahuan dan 0,94 pada ranah sikap sehingga masuk dalam kategori tinggi. N-gain pada hasil belajar ranah keterampilan sebesar 0,49 sehingga masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning Dalam Jaringan mampu mengupayakan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 khususnya pada materi Protista di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Tahun Pelajaran 2020/2021.Beberapa hal yangmendukung keberhasilan penelitian adalah adanya perubahan nuansa pembelajaran yang awalnya full asynchronous menjadi perpaduan synchronous dan asynchronous, penggunaan berbagai media pembelajaran, optimalisasi diskusi melalui mode asynchronous dan penyediaan video rekaman materi pembelajaran.

 

Untuk melihat PTK secara lengkap, silakan buka link berikut :

https://drive.google.com/file/d/1e127iEc61kjfeVDVxQ9xkvWSxXy7dfbd/view?usp=sharing