gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan SIT Nur Hidayah

Senin, 03 Agustus 2015 - 11:37:44 WIB
Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan SIT Nur Hidayah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 3054 kali

Pasca Masa Orientasi Siswa (MOS) SMAIT Nur Hidayah mengadakan PPTA (Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan untuk siswa kelas X baru. Kegiatan ini dilaksanakan pada 30-31 juli 2015 bertempat di Lapangan Pandeyan Boyolali. Bertindak selaku Panitia adalah Anggota Dewan Ambalan kelas XII, sedangkan Pesertanya semua siswa Kelas X. Kegiatan ini bertujuan untuk menerima pindah golongan dari penggalang ke penegak, menyambut kedatangan mereka manjadi penegak.

Pagi hari pukul 06.00 peserta berkumpul di dohnohudan. Mereka harus berjalan sampai lokasi sekitar 5 km. Setelah istirahat meredakan lelah, upacara pembukaan dilaksanakan, dibuka oleh secara resmi oleh Kepala Sekolah, Kak Heri Sucitro.

Materi pertama pada hari itu disampaikan oleh Kak Nursuci Aprilianto tentang Pramuka SIT. Dilajutkan materi Masyarakat dan Lingkungan oleh Kak Raharjo. Pada sore hari, peserta mengikuti games, agar siswa merasa gembira. Setelah istirahat dan sholat, peserta mengikuti materi tentang Bivak, yakni tenda minimalis pengganti tenda utama untuk pelindung dan tempat istirahat. setelah petang siswa mengikuti materi Survival, siswa membuat makanan sendiri untuk bertahan hidup. Kegiatan ini dilaksanakan sampe Isya. Agenda pada malam hari adalah Pengenalan organisasi OSIS, MPS, AMI, Pramuka. Pengenalan pramuka lewat api unggun yang dinyalakan oleh siswa yang membawa obor dan menyebutkan dasa dharma Pramuka, pengenalan lagu-lagu pramuka. Pada pukul 22.00 peserta istirahat agar bisa melaksanakan Qiyamul Lail dan muhasabah dilanjutkan kegiatan ibadah, tilawah, Sholat Subuh dan Al maktsurat. Agar seimbang fisik dan jiwanya peserta mengikuti olah raga, sarapan, dan outbond. Siswa melakukan perjalanan mengelilingi desa menuju pos-pos. Mereka membawa syiar untuk berkomunikasi mengenalkan SMAIT kepada masyarakat sekitar.

Pada siang hari selesai istirahat, dan sholat dhuhur, peserta mengikuti “Taste (rasa)” yakni menemukan rasa Pramuka SMAIT NH dengan pengenalan PBB ceria. Setelah apel penutupan, peserta membersihkan lapangan dan tempat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab setelah menggunakan tempat. Pembina berharap siswa kelas X mampu mengenal pramuka SIT dengan baik, terutama Ambalan Hamka dan Malahayati.