gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Hari Pertama Masa Orientasi Siswa Baru
Notice: Use of undefined constant id - assumed 'id' in /home/smaitnh/public_html/templates/2014/kiri.php on line 132


Selasa, 28 Juli 2015 - 12:07:06 WIB
Hari Pertama Masa Orientasi Siswa Baru
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 3010 kali

Pada Senin, 27 Juli 2015 SMAIT Nur Hidayah mulai menyelenggarakan MOS untuk para siswa baru. Diawali dengan apel pagi pada pukul 07.00-07.30 yang diikuti oleh siswa-siswi juga guru SMAIT Nur Hidayah, dilanjutkan dengan Halal-Bihalal oleh seluruh warga sekolah dengan hikmat. Ketika jam menunjukkan pukul 08.00, para peserta MOS diarahkan menuju Gedung Utara lantai 3 untuk mengikuti pembukaan MOS. Diawali dengan sambutan ketua panitia MOS yaitu Mohamat Nur Rohman Aziz, Ketua OSIS SMAIT yaitu Muhammad Ahya Hanafi, dan sambutan Kepala sekolah SMAIT Nur Hidayah yang diwakili oleh Ustad Ihsan Fauzi. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok serta penjelasan mengenai tata tertib MOS.

Selanjutnya para peserta MOS diarahkan menuju masjid (akhwat) dan lantai 3 (ikhwan) untuk mengikuti sesi Perkenalan Panitia. Masjid kemudian dipenuhi teriakan semangat dari jargon MOS yaitu “Active, Talk Less, Do more, Allahuakbar!”. Sedangkan perkenalan panitia ikhwan dipandu oleh Muhammad Hendra Nur Ihsan dan Aly Azmi. Perkenalan yang penuh canda tawa, membuat para peserta MOS terhibur dan sangat antusias.

Materi Pertama mengenai Pengenalan Profil Sekolah. Ustadzah Fitri Hartati, S.Pd sebagai pembicara pun mengawali dengan memperkenalkan diri, dilanjutkan penjelasan profil sekolah seperti logo SMAIT, sejarah berdirinya, visi misi, struktur organisasi, fasilitas maupun kegiatan-kegiatan SMAIT Nur Hidayah. Keakraban terbangun ketika ustadzah Fitri berinteraksi dengan peserta dan bertanya mengenai alasan memilih SMAIT Nur Hidayah. Di akhir sesi, panitia menayangkan cuplikan-cuplikan video akhirussannah.

Setelah pengenalan profil sekolah, acara dilanjutkan dengan matrikulasi 1 yang bertajuk tema “Untuk Apa Sekolah Di SMAIT Nur Hidayah” dan diisi oleh Ustad Ihsan Fauzi, S.Si, M.M  selaku Wakasek Kesiswaaan SMAIT Nur Hidayah. Di sesi ini, Ustad Ihsan menyampaikan pentingnya momentum bagi Generasi Emas masa kini, yaitu Generasi Native Demokrasi. Ustadz Ihsan menekankan Native Demokrasi, Islam dan Indonesia memiliki hubungan satu sama lain. Ustad Ihsan menyampaikan beberapa momentum saat ini yang harus menjadi perhatian generasi masa kini. Serta menyampaikan pula harapan untuk siswa/i SMAIT Nur Hidayah agar dapat membawa kejayaan umat Islam.  Suasana sangat kondusif, melihat para peserta  mendengarkan dengan seksama dan memperhatikan dengan antusias penjelasan serta slide dari Ustad Ihsan. Di akhir sesi, ditampilkan slide yang berisi kesan pesan beberapa alumni berprestasi tentang apa yang telah di dapat di SMAIT Nur Hidayah.

Acara dilanjutkan selepas sholat dhuhur dengan matrikulasi. Matrikulasi 2 akhwat diisi oleh Ustadzah Karsini dengan membawakan tema “Adab Menuntut Ilmu”. Bertempat di Masjid SMAIT Nur Hidayah. Sedangkan acara matrikulasi 2 ikhwan diisi oleh Ustad Afif Bustomi dengan tema yang sama dan bertempat di lantai 3 gedung ikhwan. Para peserta pun mencatat poin-poin penting dari penjelasan serta slide yang ditampilkan. Di awal materi, disampaikan betapa pentingnya ilmu dan prestasi, pandangan islam mengenai ilmu, serta kemuliaan menuntut ilmu. Selanjutnya dijelaskan bagaimana cara menjaga dan melaksanakan adab-adab menuntut ilmu. 

Melanjutkan matrikulasi, Ustadz Mario mengisi acara dengan tema “Adab Menaati Peraturan”. Dengan penyampaian yang penuh semangat dan diselingi game-game seru, peserta MOS ikhwan sangat berantusias mengikuti jalannya acara hingga selesai. Setelah makan yang tertunda, peserta MOS berkumpul kembali di dalam masjid untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu matrikulasi 3 “Adab Menaati Peraturan” yang disampaikan oleh Ustadzah Nurmawati. Ustadzah menjelaskan pentingnya memahami definisi peraturan. Dengan menaati peraturan, kedisiplinan diri akan terbentuk. Dimulai dari hal yang kecil yaitu disiplin diri, segala keberhasilan dapat diraih. Para peserta terlihat sangat antusias dan tetap mencatat poin-poin penting dari yang disampaikan oleh ustadzah walaupun tidak ada slide yang ditampilkan.

Sebelum pulang, peserta akhwat berkumpul dengan musyrifah masing-masing untuk membahas kegiatan hari Selasa, 28 Juli serta persiapan kegiatan “Cari Nafkah” yang akan dilakukan pada Rabu, 29 Juli 2015. Selain itu, peserta juga mengumpulkan tugas-tugas yang telah diberikan diawal hari. Seusai berdiskusi bersama musyrifah, peserta diarahkan berkumpul di lapangan belakang untuk  mendapat briefing mengenai atribut hari kedua oleh Sie Tatib. Seusai briefing, peserta akhwat pun diperbolehkan pulang. (humos)