gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Pesantren Kilat SMAIT Nur Hidayah

Jumat, 26 Juni 2015 - 10:55:07 WIB
Pesantren Kilat SMAIT Nur Hidayah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 1964 kali

Liburan sekolah kali ini cukup panjang. Pasalnya liburan kenaikan kelas bersamaan dengan libur ramadhan. Berbagai kegiatan alternatif pengisi liburan ditawarkan agar siswa tidak merasa jenuh dan siswa lebih produktif.

SMAIT Nur Hidayah mengadakan berbagai kegiatan juga. Yang pertama diselenggarakan oleh Aktivis Markaz Islami (AMI). Yakni Fossil dan Pesantren Kilat. Pesantren kilat dilaksanakan selama tiga hari mulai hari senin – Rabu, 22 – 24 Juni 2015 di SMAIT Nur Hidayah. Pada hari pertama, peserta dari berbagai sekolah datang untuk mengikuti pembukaan, pembagian kelompok dan perkenalan. Selanjutnya siswa mendapat berbagai sesi materi dan pembiasaan adab islami.

Materi yang diberikan diantaranya tentang siroh nabawiyah, Pemuda Islam, Sharing Halaqoh, Sejarah Dunia Islam Kontemporer. Pada saat sahur dan buka dilaksanakan bersama-sama. Agar tidak jenuh disela-sela kegiatan ditampilkan hiburan yang diisi oleh alumni. Pada waktu-waktu luang yang longgar peserta dibiasakan untuk mengisi waktu untuk beribadah, tilawah, da melaksanakan hal-hal yang bermanfaat. Stop Sosmed, start tilawah, sebuah sepanduk besar terpasang disana, sebagai ajakan untuk mengisi waktu untuk tilawah, dan meninggalkan sosmed yang akhir-akhir ini lebih banyak menyita waktu manusia modern.

Salah satu alternatif kegiatan saat liburan yang ditawarkan SMAIT Nur Hidayah yang lain adalah Program Khusus Tahfidzul Qur’an. Kegiatan ini diselenggarakan oleh tim Tahfidz SMAIT Nur Hidayah. sekitar 26 siswa dikarantina selama 10 hari dari tanggal 20 – 30 Juni 2015 untuk khusus menambah hafalan. Kegiatan yang mengambil tempat di wisma 6 ini memiliki target siswa menambah hafalan 2 juz dan khatam al quran 2 kali dalam kurun waktu 10 hari tersebut.

Peserta mendapat fasilitas dan setting yang baik untuk menghafal Al Quran. Sehingga diharapkan peserta dapat lancar menambah hafalan. Pada waktu-waktu tertentu peserta dapat menyetor langsung hafalan yang didapat kepada ustadzah yang stand by di lokasi kegiatan.

Pesantren kilat ini hanyalah simulasi. Harapannya kegiatan ini tidak selesai ketika pesantren kilat ditutup, tapi masih berlanjut kebiasaan pesantren setelah pulang ke rumah masing-masing. Semoga kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini menjadi alternatif kegiatan selama ramadhan. Antusiasme siswa cukup bagus, terbukti dengan banyaknya siswa yang mendaftar sehingga harus ada seleksi. Semoga kegiatan ini berhasil mencapai targetnya dan dapat dilanjutkan di ramadhan yang akan datang.Semoga bermanfaat. Barokallahufikum..