gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Pentas Produksi Teater Seni Budaya SMAIT- NH

Selasa, 17 Juni 2014 - 10:51:01 WIB
Pentas Produksi Teater Seni Budaya SMAIT- NH
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 4663 kali

Kegiatan Ujian Kenaikan kelas telah usai, tapi siswa masih punya acara, even besar akhir tahun ajaran. Mereka mengikuti mata pelajaran Seni Budaya sejak awal tahun pelajaran, seni budaya yang dipilihkan di sekolah ini adalah Teater. Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti).

Siswa tidak hanya diajakan untuk memainkan peran, tapi juga bagaimana memproduksi sebuah pentas yang layak ditonton oleh orang lain. Mulai dari persiapan, penyiapan kostum, latihan peran, bacground, ide cerita, dan lain-lain. Mereka juga berlatih bekerja dalam team, tidak semua tampil memang, tapi semua memiliki peran dalam suksesnya sebuah pentas.

Akhirnya setelah persiapan berminggu-minggu, hari pementasan ditetapkan. Kegiatan pentas dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Juni 2014, malam hari. Tempat yang dipilih adalah joglo kelurahan, karena tempatnya cukup luas dan sesuai dengan pementasan. Kelas yang dibentuk menjadi satu tem akhirnya ditampilkan. Pertunjukan yang mampu menghibur penonton. Kelas XI IPS Putri, akan mempersembahkan pementasan teater berjudul "Menanti Dialog". Berkisah ttg pergelutan dialog di antara manusia, syaitan dan para malaikat yg berebut pengaruh. 

Sedangkan kelas XI IPA putri mempersembahkan pementasan dengan  judul  "Hanya Boneka". Ia nya berkisah ttg anak peremuan kaya berteman boneka setia. Orang tuanya tidak sebegitu setia mengikuti perkembangan jiwa dan hati anaknya. Justru boneka-boneka nya lah yang mengasuhnya menjadi remaja wanita yang tegar.

 Di sesi kedua nanti ada Kelas IPA putra dengan pementasan ttg legenda Rakyat berjudul "Joko Tingkir". Pagelaran aksi ini akan berkisah ttg perjuangan membela kebenaran.

 Sedangkan kelas IPS XI putra akan unjuk kebolehan dalam pementasan berjudul "mBonang-Kalijaga" yang berkisah ttg dakwah Sunan Bonang yg menasehati Kalijaga muda agar meninggalkan kebiasannya mjd "Robin hood"nya rakyat.utk kemudian menjadi sebenar-benarnya masayaikh.

Siswa memang kreatif, terbukti pada pementasan kali ini. Semoga mereka kelak dapat memproduksi film-film yang berkualitas, sebagai ganti tayangan-tayangan yang muncul di televisi kita kali ini, yang menurut sebagian besar pakar pendidikan adalah tayangan yang tidak mendidik. Barokallahu fikum.