gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Pelatihan Metode dan Media Pembelajaran

Kamis, 09 Januari 2014 - 09:41:37 WIB
Pelatihan Metode dan Media Pembelajaran
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 2394 kali

Semester baru sudah mulai, saatnya kembali masuk sekolah, mendidik generasi. Sebagai persiapan mengajar dan mendidik siswa Guru SMAIT mengikuti pelatihan pembelajaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 6-7 Januari 2013 di ruang meeting SMAIT. Kegiatan dibagi dalam dua tema utama yakni “Pelatihan Metode Pembelajaran” dan “Pelatihan Media Pembelajaran”.

Pada hari pertama, dihadirkan seorang pembicara yang sudah melalangbuana di dunia pendidikan, dan mengawal kurikulum 2013 yang sedang booming ini. Beliau adalah Bowo Sugiharto, S.Pd, M.Pd, Dosen Program Biologi FKIP UNS. Beliau bahwa metode pembelajaran digunakan agar siswa lebih dapat belajar dengan menyenangkan dan menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Diantara banyak metode yang ada, metode pembelajaran Kooperatif merupakan alternatif, untuk membuat siswa tidak hanya belajar, tapi juga mempunyai keterampilan sosial. Metode cooperative learning juga dibagi menjadi beberapa tipe, Student Team-Achievement Division (STAD), Jigsaw, Teams Games Tournaments (TGT), Think Pair and Share, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NGT), Problem Based Introdution, dan Group Investigation. Masing-masing tipe pembelajaran memiliki proses yang berbeda. Setelah penyampaian materi selesai, guru diminta untuk memikirkan rancangan pembelajaran pada semester 2 ini dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif disesuaikan dengan ciri khas masing-masing materi pembelajaran.

Pada hari kedua, dihadirkan seorang Hypnotherapist yang juga seorang pakar Blog pembelajaran. Beliau adalah Ustadz Budi Lenggono, S.Pd, MCH. Beliu merupakan peserta lomba Blog pembelajaran yang sering diadakan dalam dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini, Bapak/Ibu guru mendapatkan materi tentang media pembelajaran, diantaranya adalah pemanfaatan dunia maya, yakni internet. Media pembalajaran dimanfaatkan untuk mempermudah tersampaikannya materi pembelajaran. Pada sesi setelahnya guru diminta lansung membuat blog mata pelajaran untuk mengunggah meteri pembelajaran yang diajarkan. Dari hasil pelatihan dan workshop sehari itu, dihasilkan alamat situs pembelajaran masing-masing mata pelajaran, diharapkan setelah ini dikelolan dengan baik, menuju SMAIT menjadi sekolah digital.

Semoga ini menjadi awal yang baik, merencanakan kegiatan pembelajaran dengan matang, untuk mencapai kompetensi yang ditargetkan.