gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Bayanah Akademik

Selasa, 31 Desember 2013 - 15:15:48 WIB
Bayanah Akademik
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 2189 kali

BAYANAH AKADEMIK
Tentang :
Prosedur Penilaian Akhir Semester, Ulangan Akhir Semester,
Pengambilan LHB Semester 1, dan libur akhir semester 1 Tahun 2013

Bismillahirrohmaanirrohiim
Bayanah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bersama dan ditujukan untuk guru, karyawan, dan siswa SMAIT Nur Hidayah.
1.    Penilaian akhir semester kognitif atau nilai akhir (NA) diambil dari nilai rata-rata tugas, rata-rata ulangan harian, UTS, dan UAS dengan rumus:
NA = { (1xTr) + (3xUHr) + (2xUTS) + (2xUAS) }/8
            
Adapun nilai praktik dan efektif dihitung sesuai rata-rata masing-masing.

2.    Pada prinsipnya tidak ada remedial UAS. Remedial UAS boleh dilakukan apabila siswa yang NA-nya masih di bawah KKM dengan syarat ybs telah menuntaskan nilai-nilai: tugas, ulangan harian, dan praktik (bila ada) seluruhnya pada mata pelajaran terkait. Setelah itu NA maksimal sebesar KKM.

3.    Nilai tugas dan ulangan harian yang masih belum mencapai KKM dapat diperbaiki melalui remedial setelah masa UAS selesai. Guru hanya dapat melayani sampai dengan batas waktu yang ditentukan. Selebihnya, segala bentuk pengumpulan tugas, susulan/remedi ulangan harian tidak dilayani sehingga nilai akhir (NA) akan dihitung sesuai kondisi yang ada. Batas pelayanan perbaikan nilai (remedial) dan susulan adalah hari Selasa, 17 Desember 2013 (jam kerja).

4.    Apabila setelah batas waktu yang ditentukan sebagaimana nomor 3 di atas, terdapat siswa yang memiliki nilai akhir (NA) dan nilai praktik masih di bawah KKM, maka perbaikan atas nilai tersebut akan dilayani tanggal 6-7 Januari 2013. LHB siswa yang bersangkutan akan dicetak dengan kertas warna putih dan tidak ditandatangani kepala sekolah.

5.    Bagi siswa yang tidak mengikuti UAS karena alasan sakit atau izin dapat mengikuti UAS susulan sesuai jadwal panitia. Adapun bagi siswa yang tidak mengikuti UAS secara sengaja tanpa alasan yang dapat dibenarkan maka panitia tidak bertanggung jawab atas UAS susulan, kecuali siswa yang bersangkutan menghubungi panitia terlebih dahulu dengan membawa surat keterangan dari wali kelas.

6.    Nilai UAS diumumkan secepat-cepatnya pada hari terakhir masa UAS oleh guru pengampu masing-masing.

7.    Kartu peserta UAS yang sudah lengkap dengan tanda tangan bukti telah ikut ulangan harus dikumpulkan kepada pengawas UAS pada hari terakhir pada jam pelaksanaan terakhir atau langsung diserahkan kepada wali kelas masing-masing. Kartu peserta UAS yang belum lengkap tanda bukti telah ikut ulangan masih digunakan dan dibawa saat mengikuti UAS susulan. Selanjutnya, kartu tersebut harus dikumpulkan oleh siswa sendiri kepada wali kelas masing-masing.

8.    Bagi siswa yang tidak mengikuti UAS susulan dan tes tahfidz lanjutan serta seluruh nilai tugas, nilai praktik dan ulangan harian telah tuntas diperbolehkan belajar di rumah. Apabila siswa menghendaki masuk sekolah, waktu dapat digunakan untuk kegiatan OSIS, MPS, atau membaca buku di perpustakaan atau kegiatan positif lainnya.

9.    Penyerahan LHB dijadwalkan tanggal 21 Desember 2013 pukul 09.00 – 14.00. LHB harus diambil oleh orang tua/wali dan tidak dapat diwakilkan oleh orang lain termasuk pembina wisma. Apabila LHB tidak diambil maka siswa belum diperbolehkan mengikuti KBM (kegiatan belajar mengajar) semester 2. Pengambilan LHB diluar jadwal tersebut hanya dilayani pada hari pertama semester 2, yaitu mulai tanggal 6 Januari 2014.

10.    Liburan akhir semester dimulai tanggal 23 Desember 2013 – 7 Januari 2014. Siswa kelas XII diwajibkan mengikuti program bimbingan tambahan untuk pelajaran UN, yaitu tanggal 23-28 Desember 2013.

11.    Kegiatan awal semester 2 dimulai dengan agenda remedial UAS untuk perbaikan LHB bagi siswa yang masih memiliki nilai di bawah KKM selama 2 hari, yaitu tanggal 6-7 Januari 2014. Nilai maksimal NA pada remedial ini adalah sesuai KKM masing-masing mata pelajaran terkait. Adapun setelah nilai berhasil diperbaiki, siswa akan mendapat LHB cetak dengan kertas asli dan ditandatangani kepala sekolah. Kegiatan KBM semester 2 dimulai hari Rabu, 8 Januari 2014.

Demikian bayanah ini disampaikan, apabila terdapat perubahan akan diinformasikan di kemudian hari.

Sukoharjo, Desember 2013 
a.n. Kepala Sekolah
Wakasek Akademik



Budi Lenggono, S.Pd.
NIPY. 080401150