gambar
Hari Ini :

Beranda » Info SMAIT » Studi Banding Sekolah Islam Sudirman dari Ungaran

Senin, 09 Desember 2013 - 06:27:15 WIB
Studi Banding Sekolah Islam Sudirman dari Ungaran
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info SMAIT - Dibaca: 2794 kali

Hari jumat (7/12) SMAIT kedatangan tamu dari SMK Sudirman Ambarawa dari Yayasan Pusat Islam (YAPIS). Empat orang utusan disambut di ruang meeting, mereka sekretaris Yayasan, PLt Kepala Sekolah, bidang kesiswaan dan bagian administrasi sekolah. Mereka datang dalam rangka study banding, mempelajari pengelolaan sekolah islami.

Kepala sekolah, Ustadz Heri Sucitro, bersama para pimpinan, wakasek Akademik, Wakasek Humas, Wakasek Sarana Prasarana, wakasek Kesiswaan, serta Kepala Tata Usaha siap untuk berbagi ilmu disana. Acara dibuka oleh ustadzah Fitri selaku wakasek Humas, kemudian mempersilahkan Ustadz Heri Sucitro mempresentasikan sekilas tentang SMA IT, visi, misi, dan gambaran umum mengenai pendidikan di SMA IT. Sebelum para wakasek berpresenasi pada bidang masing-masing, tamu dipersilakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada kepala sekolah. Hal yang menarik adalah, mereka sangat antusias untuk mengetahui perkembangan SMAIT yang cukup pesat ini, mengingat usia sekolah baru 5 tahun sejak berdiri.

Pada sesi kedua, para Wakil Kepala sekolah mempresentasikan tentang bidang masing-masing. Dimulai dari bagian akademik, Ustadz Budi Lenggono, mempresentasikan tetang penerapan sekolah islam terpadu di SMAIT, yang pada intinya adalah seputar islamisasi kurikulum yang diajarkan oleh setiap mata pelajaran di SMAIT. Ini mewajibkan setiap guru untuk mengetahui dan menyampaikan nilai-nilai agama, pengetahuan, dan dakwah sekaligus ketika mengajar. Menjadi da’i sekaligus menjadi guru.

Kesempatan selanjutnya adalah kepada Wakasek Kesiswaan. Siswa merupakan aset yang berharga, merekalah pemilik potensi untuk berprestasi dan guru-guru disini berlaku sebagai pengarah, pembimbing, dan motivator. Energi siswa yang sangat besar harus diarahkan untuk kegiatan yang bermanfaat, jika tidak maka  mereka akan menghabiskan energi di jalan yang tidak benar.

Pengelolaan keuangan di SMA IT hampir sama dengan sekolah lain, hanya saja sudah berdasarkan perencanaan anggaran yang ketat, serta alokasi yang tepat, sehingga menjadi hemat.  Demikian juga kerjasama dengan Bank Muamalat, yang sangat membantu transaksi keuangan di SMAIT. Karena terbatasnya waktu, mereka hanya menanyakan hal-hal yang dirasa sangat penting saja. Bahkan follow up dari kegiatan studi banding ini yang bersifat komunikasi dengan pihak terkait akan terus dilakukan.

Demi kepedulian kepada negeri ini, demi kepedulian kepada pendidikan, dan demi masa depan bangsa yang lebih baik bersama para pemuda yang sedang belajar di sekolah saat ini, kami siap untuk berbagi ilmu, berbagi asa dan cita-cita. Semoga bermanfaat.